Link Partners

Header Ads

Ajak Masyarakat Hemat Energi, EH Pontianak adakan Selebrasi

Ribuan lilin yang dibentuk di halaman kantor Gubernur Kalbar / doc. pribadi

Suasana malam halaman kantor Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) tampak ramai tidak seperti biasanya, ratusan anak-anak muda dari berbagai daerah berdatangan memadati halaman kantor tersebut. Kedatangan mereka disambut dengan ukiran lilin yang telah disusun membentuk sebuah tanda baca dan dua angka yang diletakkan ditengah halaman kantor Gubernur Kalbar. Kegiatan tersebut dikoordinir oleh Earth Hour Pontianak dan  organisasi yang peduli dengan bumi.


Dari pantauan penulis di lapangan semakin malam jumlah anak muda semakin banyak sehingga kepadatan untuk berkeliling di halaman harus pandai-pandai memilih jalan yang sepi untuk berpindah tempat. Mendekati pukul 20.30 WIB ratusan lilin mulai dihidupkan dan membentuk sebuah tanda bahwa setiap manusia harus menyadari hemat energi bumi dari tindakan yang sederhana seperti mematikan listrik selama satu jam, menghidupkan alat yang terhubung listrik seperlunya, dan sebagainya.

Sejak dari 2011 World Wide Fund (WWF) Indonesia sudah menginisiasi kampanye global hemat energi yang mengusung tema #Connect2Earth. Gerakan ini mengajak orang menggunakan energi bumi seperlunya. Hal ini diakui oleh Albertus selaku Direktur WWF Program Kalimantan Barat menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa setiap aktivitas kita menggunakan energi selalu terhubung langsung dengan bumi. "Apa yang kita lakukan terhubung dengan bumi baik itu positif atau negatif", ungkapnya dengan penuh semangat.

Di sisi lain Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung kampanye menghemat energi bumi dalam menyelamatkan energi bumi. Edi Kamtono selaku Wali Kota Pontianak mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk membiasakan hemat energi mulai dari kita sendiri untuk memulainya. "Betapa pentingnya kita menjaga bumi agar lebih aman", tutupnya. 

Post a Comment

0 Comments